Apa Itu Asuransi Sesuai Tagihan?

 

Asuransi Kesehatan Sesuai Tagihan (as charge).

Banyak orang sudah memiliki asuransi kesehatan. Saya yakin banyak dari kalian hanya sekedar membeli asuransi tanpa tahu manfaat nya. Bener khan? Tetapi pada saat kalian gunakan atau klaim, kalian masih mengeluarkan biaya-biaya tambahan yang jumlah nya tidak sedikit. Hah? Saya sudah punya asuransi kesehatan kok masih bayar lagi dengan jumlah yang ngga sedikit?

Jenis asuransi yang saat ini populer adalah jenis cashless. Dengan kartu cashless ini, kita tidak perlu memberikan uang jaminan ke rumah sakit. Pada saat datang ke rumah sakit, kita akan ditanya apakah kita menggunakan asuransi apa tidak. Kita cukup menunjukkan kartu kita dan kita akan disarankan masuk ke kamar yang sesuai dengan kelas kamar yang kita ambil pada saat ikut asuransi.

Nah, jenis asuransi kesehatan Cashless ini tidak semua nya sama. Ada yang menggunakan limit dan ada yang sesuai tagihan (as charge). Untuk lebih jelasnya, lihat tabel di bawah ini.

Misalkan kita membeli Plan A (harga kamar 200.000 per hari), maka beberapa manfaat berikut mendapatkan batasan:

  1. Kunjungan dokter umum maksimum 1 kali kunjungan Rp. 75.000 per hari.
  2. Kunjungan dokter spesialis maksimum 1 kali kunjungan Rp. 150.000 per hari.
  3. Biaya aneka perawatan rumah sakit (obat-obatan) maksimum Rp. 3.900.000.
  4. Tindakan bedah dibedakan menjadi “Tipe I, Tipe II, Tipe III dan Tipe IV” pada asuransi lain ada yang menggunakan istilah “bedah kecil, bedah sedang, bedah besar, bedah kompleks” Tindakan bedah dibatasi Tipe I Rp. 6 juta, Tipe II Rp. 11 juta, Tipe III Rp. 17 juta, Tipe IV Rp. 28 juta.
  5. Biaya perawatan 30 hari sebelum rawat inap maks Rp. 500.000.
  6. Biaya perawatan 90 hari setelah rawat inap maks Rp. 700.000.

Nah dengan adanya limit-limit seperti di atas, jangan heran kalau biaya yang dibutuhkan melebihi limit, maka kita akan dibebankan tambahan biaya nya. Kadang-kadang kita masih harus merogoh kantong puluhan juta lagi untuk membayar kekurangan nya. Padahal biaya terbesar ketika masuk rumah sakit adalah obat-obatan dan biaya bedah, tetapi malah dikasih limit.

Bagaimana dengan manfaat asuransi kesehatan sesuai tagihan (as charge)? Berikut contah tabel nya.

Pada asuransi kesehatan sesuai tagihan, biaya kunjungan dokter umum dan  kunjungan dokter spesialis tidak diberikan limit, tetapi mengacu pada besar nya limit tahunan. Begitu juga dengan biaya bedah, tidak peduli itu bedah kecil, besar atau apapun asal tidak melebihi limit tahunan, akan dibayarkan penuh. Biaya aneka perawatan rumah sakit atau obat-obatan juga dibayarkan penuh sesuai dengan limit tahunan. Begitu juga dengan biaya perawatan 30 hari sebelum rawat inap dan 90 hari setelah rawat inap, dibayarkan penuh!